Kiyai NU : Jika FPI Dibubarkan Akan Muncul FPI Perjuangan !

Jakarta - Jika Front Pembela Islam (FPI) dibubarkan, maka bisa saja akan muncul organisasi sejens FPI lainnya yang diplesetkan dengan sebutan FPI Perjuangan.

Hal itu ditegaskan oleh mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi. Atas dasar itu, Hasyim tidak setuju dengan desakan pembubaran ormas.

"Jangan bubarkan ormas. Kalau itu terjadi pada FPI bisa saja berganti jadi FPI Perjuangan," ujar Hasyim usai memberikan ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan oleh Pemkot Bekasi, Selasa (7/3/2011) malam.

Presiden konferensi agama-agama sedunia itu menegaskan yang diperlukan adalah penegakan hukum bagi pelakunya bukan dengan membubarkan ormas tersebut.

"Kalau dibubarkan dan selanjutnya ganti nama itukan percuma," ujar pembina Pondok Pesantren Al-Hikam Malang dan Depok itu.

Hasyim menyatakan bahwa pada Selasa siang kemarin, baru bertemu dengan Ketua Umum FPI Habib Rizieq Shihab dan menyarankan agar FPI tidak melakukan kegiatan apa pun selama dua bulan kedepan.

Upaya itu diperlukan untuk melihat apakah kekerasan yang terjadi memang disebabkan oleh FPI atau ada aktor intelektual di belakangnya.

"Bila dalam dua bulan masih terjadi kekerasan berarti bukan FPI yang memicu terjadinya berbagai kasus kekerasan," ujarnya.

Hasyim menegaskan, kasus kekerasan yang berkedok agama yang murni disebabkan oleh faktor agama adalah hanya 30 persen saja selebihnya yang 70 persen disebabkan oleh ekonomi, politik, dan sebagainya.

"Saya telah mendamaikan kasus kekerasan terhadap agama di berbagai negara dalam konteks selaku presiden agama-agama sedunia," ujarnya.

Ia mencontohkan kasus di Irak oleh banyak orang disebut penjajahan Kristen terhadap Islam apalagi George W Bush menyatakan itu sebagai perang suci, padahal persoalan sebenarnya adalah keinginan Amerika menguasai minyak di negara itu.

Begitu juga dengan kekerasan di Sudah Selatan. Ketika di negara miskin itu tiba-tiba ditemukan cadangan minyak yang sangat banyak, berbagai perusahaan asing masuk ke sana.

Persoalannya mereka perlu tempat yang luas untuk menjalankan bisnis dan cara yang digunakan adalah dengan membenturkan agama Islam dengan kelompok kristen.

"Cara itu mudah dilakukan dengan biaya yang murah. Maka terjadilah eksodus umat Islam Sudan dalam jumlah hingga 3 juta orang dari negerinya sendiri. Setelah itu, warga yang tinggal menuntut agar daerah mereka menjadi negara baru," ujarnya.

Kekerasan berkedok agama, menurut ulama NU itu, sangat mudah dilakukan. Hanya dengan modal dua liter bensin. Satu liter digunakan untuk membakar masjid dan satu liter lainnya untuk gereja, maka bisa saja terjadi kekerasan.

"Umat harus hati hati dan jeli menyikapi. Jangan sampai terpancinglah," tegasnya.[iaf/ant]

INILAH.COM

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Populer