- Besuk yen wis ana kreta tanpa jaran — Kelak jika sudah ada kereta tanpa kuda.
- Tanah Jawa kalungan wesi — Pulau Jawa berkalung besi.
- Prahu mlaku ing dhuwur awang-awang — Perahu berjalan di angkasa.
- Kali ilang kedhunge — Sungai kehilangan mata air.
- Pasar ilang kumandhang — Pasar kehilangan suara.
- Iku tandha yen tekane zaman Jayabaya wis cedhak — Itulah pertanda zaman Jayabaya telah mendekat.
- Bumi saya suwe saya mengkeret Sekilan bumi dipajeki — Bumi semakin lama semakin mengerut. Sejengkal tanah dikenai pajak.
- Jaran doyan mangan sambel — Kuda suka makan sambal.
- Wong wadon nganggo pakeyan lanang — Orang perempuan berpakaian lelaki.
- Iku tandhane yen wong bakal nemoni wolak-waliking zaman— Itu pertanda orang akan mengalami zaman berbolak-balik
- Akeh janji ora ditetepi Akeh wong wani nglanggar sumpahe dhewe— Banyak janji tidak ditepati. Banyak orang berani melanggar sumpah sendiri .
- Manungsa padha seneng nyalah, Ora ngendahake hukum Allah— Orang-orang saling lempar kesalahan. Tak peduli akan hukum Allah.
- Barang jahat diangkat-angkat, Barang suci dibenci— Yang jahat dijunjung-junjung. Yang suci (justru) dibenci.
- Akeh manungsa mung ngutamakke dhuwit— Banyak orang hanya mementingkan uang. Lali kamanungsan,Lali kabecikan, Lali sanak lali kadang— Lupa jati kemanusiaan. Lupa hikmah kebaikan.Lupa sanak lupa saudara.
- Akeh bapa lali anak, Akeh anak wani nglawan ibu, Nantang bapa— Banyak ayah lupa anak. Banyak anak berani melawan ibu. Menantang ayah.
- Sedulur padha cidra, Kulawarga padha curiga— Saudara dan saudara saling khianat.Keluarga saling curiga.
- Kanca dadi mungsuh — Kawan menjadi lawan.
- Akeh manungsa lali asale — Banyak orang lupa asal-usul.
- Ukuman Ratu ora adil — Hukuman Raja tidak adil
- Akeh pangkat sing jahat lan ganjil— Banyak pejabat jahat dan ganjil
- Akeh kelakuan sing ganjil — Banyak ulah-tabiat ganjil
- Wong apik-apik padha kapencil — Orang yang baik justru tersisih.
- Akeh wong nyambut gawe apik-apik padha krasa isin — Banyak orang kerja halal justru merasa malu.
- Luwih utama ngapusi — Lebih mengutamakan menipu.
- Wegah nyambut gawe — Malas untuk bekerja.
- Kepingin urip mewah — Inginnya hidup mewah.
- Ngumbar nafsu angkara murka, nggedhekake duraka — Melepas nafsu angkara murka, memupuk durhaka.
- Wong bener thenger-thenger — Orang (yang) benar termangu-mangu.
- Wong salah bungah — Orang (yang) salah gembira ria.
- Wong apik ditampik-tampik— Orang (yang) baik ditolak ditampik (diping-pong).
- Wong jahat munggah pangkat— Orang (yang) jahat naik pangkat.
- Wong agung kasinggung— Orang (yang) mulia dilecehkan
- Wong ala kapuja— Orang (yang) jahat dipuji-puji.
- Wong wadon ilang kawirangane— perempuan hilang malu.
- Wong lanang ilang kaprawirane— Laki-laki hilang perwira/kejantanan
- Akeh wong lanang ora duwe bojo— Banyak laki-laki tak mau beristri.
- Akeh wong wadon ora setya marang bojone— Banyak perempuan ingkar pada suami.
- Akeh ibu padha ngedol anake— Banyak ibu menjual anak.
- Akeh wong wadon ngedol awake— Banyak perempuan menjual diri.
- Akeh wong ijol bebojo— Banyak orang tukar istri/suami.
- Wong wadon nunggang jaran— Perempuan menunggang kuda.
- Wong lanang linggih plangki— Laki-laki naik tandu.
- Randha seuang loro— Dua janda harga seuang (Red.: seuang = 8,5 sen).
- Prawan seaga lima— Lima perawan lima picis.
- Dhudha pincang laku sembilan uang— Duda pincang laku sembilan uang.
- Akeh wong ngedol ngelmu— Banyak orang berdagang ilmu.
- Akeh wong ngaku-aku— Banyak orang mengaku diri.
- Njabane putih njerone dhadhu— Di luar putih di dalam jingga.
- Ngakune suci, nanging sucine palsu— Mengaku suci, tapi palsu belaka.
- Akeh bujuk akeh lojo— Banyak tipu banyak muslihat.
- Akeh udan salah mangsa— Banyak hujan salah musim.
- Akeh prawan tuwa— Banyak perawan tua.
- Akeh randha nglairake anak— Banyak janda melahirkan bayi.
- Akeh jabang bayi lahir nggoleki bapakne— Banyak anak lahir mencari bapaknya.
- Agama akeh sing nantang— Agama banyak ditentang.
- Prikamanungsan saya ilang— Perikemanusiaan semakin hilang.
- Omah suci dibenci— Rumah suci dijauhi.
- Omah ala saya dipuja— Rumah maksiat makin dipuja.
- Wong wadon lacur ing ngendi-endi— Perempuan lacur dimana-mana.
- Akeh laknat— Banyak kutukan
- Akeh pengkianat— Banyak pengkhianat.
- Anak mangan bapak—Anak makan bapak.
- Sedulur mangan sedulur—Saudara makan saudara.
- Kanca dadi mungsuh—Kawan menjadi lawan.
- Guru disatru—Guru dimusuhi.
- Tangga padha curiga—Tetangga saling curiga.
- Kana-kene saya angkara murka — Angkara murka semakin menjadi-jadi.
- Sing weruh kebubuhan—Barangsiapa tahu terkena beban.
- Sing ora weruh ketutuh—Sedang yang tak tahu disalahkan.
- Besuk yen ana peperangan—Kelak jika terjadi perang.
- Teka saka wetan, kulon, kidul lan lor—Datang dari timur, barat, selatan, dan utara.
- Akeh wong becik saya sengsara— Banyak orang baik makin sengsara.
- Wong jahat saya seneng— Sedang yang jahat makin bahagia.
- Wektu iku akeh dhandhang diunekake kuntul— Ketika itu burung gagak dibilang bangau.
- Wong salah dianggep bener—Orang salah dipandang benar.
- Pengkhianat nikmat—Pengkhianat nikmat.
- Durjana saya sempurna— Durjana semakin sempurna.
- Wong jahat munggah pangkat— Orang jahat naik pangkat.
- Wong lugu kebelenggu— Orang yang lugu dibelenggu.
- Wong mulya dikunjara— Orang yang mulia dipenjara.
- Sing curang garang— Yang curang berkuasa.
- Sing jujur kojur— Yang jujur sengsara.
- Pedagang akeh sing keplarang— Pedagang banyak yang tenggelam.
- Wong main akeh sing ndadi—Penjudi banyak merajalela.
- Akeh barang haram—Banyak barang haram.
- Akeh anak haram—Banyak anak haram.
- Wong wadon nglamar wong lanang—Perempuan melamar laki-laki.
- Wong lanang ngasorake drajate dhewe—Laki-laki memperhina derajat sendiri.
- Akeh barang-barang mlebu luang—Banyak barang terbuang-buang.
- Akeh wong kaliren lan wuda—Banyak orang lapar dan telanjang.
- Wong tuku ngglenik sing dodol—Pembeli membujuk penjual.
- Sing dodol akal okol—Si penjual bermain siasat.
- Wong golek pangan kaya gabah diinteri—Mencari rizki ibarat gabah ditampi.
- Sing kebat kliwat—Yang tangkas lepas.
- Sing telah sambat—Yang terlanjur menggerutu.
- Sing gedhe kesasar—Yang besar tersasar.
- Sing cilik kepleset—Yang kecil terpeleset.
- Sing anggak ketunggak—Yang congkak terbentur.
- Sing wedi mati—Yang takut mati.
- Sing nekat mbrekat—Yang nekat mendapat berkat.
- Sing jerih ketindhih—Yang hati kecil tertindih
- Sing ngawur makmur—Yang ngawur makmur
- Sing ngati-ati ngrintih—Yang berhati-hati merintih.
- Sing ngedan keduman—Yang main gila menerima bagian.
- Sing waras nggagas—Yang sehat pikiran berpikir.
- Wong tani ditaleni—Orang (yang) bertani diikat.
- Wong dora ura-ura—Orang (yang) bohong berdendang.
- Ratu ora netepi janji, musna panguwasane—Raja ingkar janji, hilang wibawanya.
- Bupati dadi rakyat—Pegawai tinggi menjadi rakyat.
- Wong cilik dadi priyayi—Rakyat kecil jadi priyayi.
- Sing mendele dadi gedhe—Yang curang jadi besar.
- Sing jujur kojur—Yang jujur celaka.
- Akeh omah ing ndhuwur jaran—Banyak rumah di punggung kuda.
- Wong mangan wong—Orang makan sesamanya.
- Anak lali bapak—Anak lupa bapa.
- Wong tuwa lali tuwane—Orang tua lupa ketuaan mereka.
- Pedagang adol barang saya laris—Jualan pedagang semakin laris.
- Bandhane saya ludhes—Namun harta mereka makin habis.
- Akeh wong mati kaliren ing sisihe pangan—Banyak orang mati lapar di samping makanan.
- Akeh wong nyekel bandha nanging uripe sangsara—Banyak orang berharta tapi hidup sengsara.
- Sing edan bisa dandan—Yang gila bisa bersolek.
- Sing bengkong bisa nggalang gedhong—Si bengkok membangun mahligai.
- Wong waras lan adil uripe nggrantes lan kepencil—Yang waras dan adil hidup merana dan tersisih.
- Ana peperangan ing njero—Terjadi perang di dalam.
- Timbul amarga para pangkat akeh sing padha salah paham—Terjadi karena para pembesar banyak salah faham.
- Durjana saya ngambra-ambra—Kejahatan makin merajalela.
- Penjahat saya tambah Wong apik saya sengsara—Penjahat makin banyak.Yang baik makin sengsara.
- Akeh wong mati jalaran saka peperangan Kebingungan lan kobongan—Banyak orang mati karena perang.Karena bingung dan kebakaran.
- Wong bener saya thenger-thenger Wong salah saya bungah-bungah -- Si benar makin tertegun.Si salah makin sorak sorai.
- Akeh bandha musna ora karuan lungane,Akeh pangkat lan drajat pada minggat ora karuan sababe -- Banyak harta hilang entah ke mana, Banyak pangkat dan derajat lenyap entah mengapa.
- Akeh barang-barang haram, akeh bocah haram—Banyak barang haram, banyak anak haram.
- Bejane sing lali, bejane sing eling—Beruntunglah si lupa, beruntunglah si sadar.
- Nanging sauntung-untunge sing lali—Tapi betapapun beruntung si lupa.
- Isih untung sing waspada—Masih lebih beruntung si waspada.
- Angkara murka saya ndadi—Angkara murka semakin menjadi.
- Kana-kene saya bingung—Di sana-sini makin bingung.
- Pedagang akeh alangane—Pedagang banyak rintangan.
- Akeh buruh nantang juragan—Banyak buruh melawan majikan.
- Juragan dadi umpan—Majikan menjadi umpan.
- Sing suwarane seru oleh pengaruh—Yang bersuara tinggi mendapat pengaruh.
- Wong pinter diingar-ingar—Si pandai direcoki.
- Wong ala diuja—Si jahat dimanjakan.
- Wong ngerti mangan ati—Orang yang mengerti makan hati.
- Bandha dadi memala—Hartabenda menjadi penyakit
- Pangkat dadi pemikat—Pangkat menjadi pemukau.
- Sing sawenang-wenang rumangsa menang — Yang sewenang-wenang merasa menang
- Sing ngalah rumangsa kabeh salah—Yang mengalah merasa serba salah.
- Ana Bupati saka wong sing asor imane—Ada raja berasal orang beriman rendah.
- Patihe kepala judhi—Maha menterinya benggol judi
- Wong sing atine suci dibenci—Yang berhati suci dibenci
- Wong sing jahat lan pinter jilat saya derajat—Yang jahat dan pandai menjilat makin kuasa.
- Pemerasan saya ndadra—Pemerasan merajalela.
- Maling lungguh wetenge mblenduk — Pencuri duduk berperut gendut.
- Pitik angrem saduwure pikulan—Ayam mengeram di atas pikulan.
- Maling wani nantang sing duwe omah—Pencuri menantang si empunya rumah.
- Begal pada ndhugal—Penyamun semakin kurang ajar.
- Rampok padha keplok-keplok—Perampok semua bersorak-sorai.
- Wong momong mitenah sing diemong—Si pengasuh memfitnah yang diasuh
- Wong jaga nyolong sing dijaga—Si penjaga mencuri yang dijaga.
- Wong njamin njaluk dijamin—Si penjamin minta dijamin.
- Akeh wong mendem donga—Banyak orang mabuk doa.
- Kana-kene rebutan unggul—Di mana-mana berebut menang.
- Angkara murka ngombro-ombro—Angkara murka menjadi-jadi.
- Agama ditantang—Agama ditantang.
- Akeh wong angkara murka—Banyak orang angkara murka.
- Nggedhekake duraka—Membesar-besarkan durhaka.
- Ukum agama dilanggar—Hukum agama dilanggar.
- Prikamanungsan di-iles-iles—Perikemanusiaan diinjak-injak.
- Kasusilan ditinggal—Tata susila diabaikan
- Akeh wong edan, jahat lan kelangan akal budi—Banyak orang gila, jahat dan hilang akal budi.
- Wong cilik akeh sing kepencil Amarga dadi korbane si jahat sing jajil—Rakyat kecil banyak tersingkir.Karena menjadi kurban si jahat si laknat.
- Banjur ana Ratu duwe pengaruh lan duwe prajurit—Lalu datang Raja berpengaruh dan berprajurit.
- Negarane ambane saprawolon—Lebar negeri seperdelapan dunia.
- Tukang mangan suap saya ndadra—Pemakan suap semakin merajalela.
- Wong jahat ditampa—Wong suci dibenci—Orang jahat diterima.Orang suci dibenci.
- Timah dianggep perak Emas diarani tembaga—Timah dianggap perak.Emas dibilang tembaga
- Dandang dikandakake kuntul—Gagak disebut bangau.
- Wong dosa sentosa Wong cilik disalahake—Orang berdosa sentosa. Rakyat jelata dipersalahkan.
- Wong nganggur kesungkur Wong sregep krungkep—Si penganggur tersungkur. Si tekun terjerembab.
- Wong nyengit kesengit Buruh mangluh—Orang busuk hati dibenci.Buruh menangis.
- Wong sugih krasa wedi Wong wedi dadi priyayi—Orang kaya ketakutan. Orang takut jadi priyayi .
- Senenge wong jahat Susahe wong cilik—Berbahagialah si jahat. Bersusahlah rakyat kecil.
- Akeh wong dakwa dinakwa—Banyak orang saling tuduh.
- Tindake manungsa saya kuciwa—Ulah manusia semakin tercela.
- Ratu karo Ratu pada rembugan negara endi sing dipilih lan disenengi—Para raja berunding negeri mana yang dipilih dan disukai.
- Wong Jawa kari separo Landa-Cina kari sejodho — Orang Jawa tinggal separo. Belanda-Cina tinggal sepasang.
- Akeh wong ijir, akeh wong cethil—Banyak orang kikir, banyak orang bakhil.
- Sing eman ora keduman Sing keduman ora eman—Si hemat tidak mendapat bagian. Yang mendapat bagian tidak berhemat
- Akeh wong mbambung—Banyak orang berulah dungu.
- Akeh wong limbung—Banyak orang limbung.
- Selot-selote mbesuk wolak-waliking zaman teka—Lambat-laun datanglah kelak terbaliknya zaman.
“Jika sebuah bangsa hanya memperhatikan harta, mengabaikan cita-cita, maka bangsa itu bukanlah bangsa yang besar. Bangsa yang besar adalah bangsa yang hidup dengan cita-cita, memelihara jiwa sekaligus raganya. Tetapi harta bukanlah yang utama. Sebab bukanlah harta yang memerdekakan bangsa dan rakyat kita, melainkan jiwa, sekali lagi jiwa kita yang membaja, semangat kita yang membara yang membawa kita semua ke dalam kemerdekaan, maka Bangunlah Jiwa Rakyat Indonesia, Bangunlah Badannya untuk Indonesia Jaya”
Demikianlah pesan gaib Bung Karno yang disampaikan kepada Kusumo Lelono, seperti yang ditulisnya dalam ‘Satrio Piningit’ (Gramedia Pustaka Utama/1999).
Menurut Lelono, Bung Karno menggunakan kepercayaan masyarakat akan ramalan Prabu Jayabaya untuk membangkitkan semangat keberanian yang tinggi di kalangan rakyat pada massa perjuangan. Jadi tidak heran, jika hingga kini getar suara Bung Karno itu masih terasa di denyut nadi perjuangan kita, dan sosoknya pun seperti masih bernyawa.
Menurut Lelono, berdasarkan manuskrip kuno Ramalan Prabu Jayabaya, seorang raja yang pernah tercatat memerintah kerajaan kediri pada abad ke-12 (1137-1159) bahwa saat ini Indonesia sedang berada dalam masa antara akhir zaman Kalabendu dan sedang menanti kehadiran zaman Kalasuba.
ZAMAN KALABENDU
Di Zaman Kalabendu, di kisahkan bahwa Pada masa pemerintahan raja Hartati – yang menjadi tujuan utamanya hanyalah harta benda – terjadi istana kembar Pajang dan Mataram. Persembahan rakyat beraneka ragam: ada emas-perak, beras, padi, dan lain sebagainya. Semakin lama pajak yang ditanggung oleh rakyat semakin berat, berupa senjata, hewan peliharaan, dan lain sebagainya.
Negara semakin rusak, tiada lagi keadilan, karena para pembesar berlaku menyimpang, rakyat kecil tidak menghargai. Yang memimpin tak memiliki keadilan karena tiada memegang wahyu. Banyak wahyu setan, yang tidak karuan.
Kaum hawa kehilangan rasa malu, tiada memiliki rasa rindu kepada anak-anak dan saudaranya. Tidak ada berita benar, banyak kemelaratan, sering terjadi kerusuhan, orang pandai dan bijaksana tersingkir, perbuatan jahat meraja lela, yang berlaku kurang ajar mendapatkan posisi, tidak dapat diberi peringatan, banyak pencuri beraksi di jalanan, sering terjadi gerhana matahari dan gerhana bulan, hujan abu dan gempa bumi, kacau balau, hujan salah musim, perang rusuh di mana-mana tanpa musuh yang jelas.
Selanjutnya pada Zaman Kalasuba, diramalkan saat itu telah dekat dengan akhir zaman Kalabendu. Pemerintahan jatuh karena sang pemimpin bertengkar dengan madunya, muncullah zaman kemuliaan. Saat itu ‘pulau jawa’ (baca: Indonesia) sejahtera, semua kerusakan dunia musnah dengan munculnya pemimpin gaib, yakni keturunan ulama yang disebut Ratu Amisan karena kondisinya yang hina dan papa, memegang tampuk kekuasaan tanpa syrat, bertindak bijaksana. Beristanakan Sunyaruri, yang bermakna sunyi senyap, tetapi tanpa rintangan. Saat masih menjadi rahasia Tuhan, kerenanya perkaranya dianggap kurang penting maka khalayak umum tidak mengetahuinya.
Kehendak Tuhan memutarbalikkan keadaan: Ia menjadi pemimpin sekaligus ulama, bersikap adil, jauh dari sifat duniawi, disebut Sultan Herucakra.
Sang raja muncul tanpa asal, memiliki bala tentara Sirullah, keutamaannya dzikir, tetapi semua musuh takut. Yang memusuhi hancur lebur tersingkir, sebab raja menghendaki kesejahteraan Negara, keselamatan dunia.
Itulah ramalan Prabu Jayabaya, seperti yang ditulis Lelono. Indonesia saat ini sedang berada di ujung Kalabendu, sambil menanti kedatangan zaman baru, zaman Kalasuba. Pertanyaan kita, adakah fakta yang menunjukkan kebenaran ramalan Prabu Jayabaya atas situasi real bangsa saat ini? Penulis berpendapat bahwa ramalan Jayabaya ada benarnya, dan di bawah ini penulis hanya menunjukkan beberapa fakta secara garis besar, sejauh dapat ditafsirkan.
Pertama, merajalelanya korupsi di tanah air, dalam berbagai bentuk, tingkatan jabatan dan kekuasaan. Ini menandakan bahwa harta kekayaan dalam rupa uang masih menjadi orientasi politik kekuasaan, baik itu dilakukan oleh elite politik maupun oleh masyarakat. Uang telah membutakan mata hati, bukan hanya pejabat politik tingkat elite tetapi juga telah sampai ke desa-desa.
Kedua, tidak adanya kepastian hukum. Upaya penegakan hukum masih terbentur pada kepentingan politik tertentu. Sehingga membawa akibat pada tidak terlaksanya keadilan, juga yang lebih serius adalah tidak ditegakkannya hak asasi manusia dalam hukum. Eksekusi mati, yang masih berlaku di negeri ini menjadi indikasi hilangnya penghargaan terhadap hak asasi manusia.
Ketiga, hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap sosok pemimpimnya. Kecenderungan para pemimpin negara untuk mementingkan diri sendiri, mengejar kehendaknya sendiri dan tidak pro-rakyat memberi dampak pada keengganan rakyat untuk berpartisipasi aktif dalam berpolitik.
Keempat, kebijakan yang tidak memihak kepada rakyat kecil. Terbukti baru-baru ini konversi minyak dan kenaikan tarif tol yang berorientasi kepada kepentingan ekonomi pejabat negara. Orientasi politik elite negeri yang hanya mementingkan segelintir orang terbaca jelas dalam kebijakan-kebijakan yang dileuarkan. Inilah ‘wahyu setan’ seperti yang dikatakan Prabu Jayabaya.
Kelima, moralitas yang tercabik dan kesejahteraan sosial yang terbengkalai. Munculnya berbagai aksi kejahatan, pemerkosaan, penceraian, saling fitnah dan menfitnah, isu dan gosip murahan, sampai isu separatisme dan disintegrasi menjadi indikasi jelas akan hal tersebut.
Keenam, kemiskinan secara ekonomis. Kemelut ekonomi masih mendera kehidupan masyarakat banyak, sementara tuntutan negara terhadap masyarakat melambung tinggi di luar batas kemampuan, misalnya semakin besarnya jumlah pajak, mahalnya bahan-bahan pokok atau vital seperti sandang dan pangan. Hal ini semakin diperparah dengan situasi atau kondisi alam yang tidak memungkinkan, seperti kering yang berkepanjangan dan ketakutan akan bahaya alam yang terus mengintai setiap saat seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi dan tsunami.
Ketujuh, di hadapan situasi runyam di atas, masyarakat tampaknya merindukan seorang Sultan Herucakra, seorang Satrio Piningit. Dalam ramalan Jayabaya tokoh ini dilambangkan sebagai Tunjung Putih Semune Pudak Sinumpet. Maknanya kurang lebih adalah ‘seorang berhati suci, masih disembunyikan identitasnya oleh kegaiban Tuhan‘
Apakah zaman Kalasuba akan terbit di pemilu Presiden 2009? Ataukah kita masih harus menunggu hingga tahun 2030, seperti yang termaktub dalam visi Indonesia 2030? Atau kita masih tunggu sampai waktu bertutur pada setiap detik yang risau? Kita sama-sama menanti sambil terus mengintip kebenaran ramalan Prabu Jayabaya. Tapi kita harus tetap optimis bahwa suatu saat – entah kapan – zaman kemuliaan itu akan datang juga.
“Perhatikanlah wahai Rakyatku, bahwa kejayaan Bangsa dan Tanah Airmu, yakni zaman keemasan Indonesia akan sampai pada saatnya. Ketika itu, Indonesia akan terkenal di dunia, berada pada tingkatan utama di antara bangsa-bangsa. Sebagai tanah yang penuh kerahmatan Tuhan Yang Maha Esa” demikian pesan gaib Bung Karno kepada Kusumo Lelono.