Hot ! 50 software Tambahan Untuk Kelengkapan Windows 7

Masakan Windows 7 sudah cukup sedap. Namun, akan lebih sedap jika ditambah bumbu penyedap racikan CHIP yang terdiri atas 50 software tambahan.

Windows 7 memang telah banyak melakukan beberapa hal, tetapi tidak semua. Program Office yang bagus dan terintegrasi tidak tersedia, demikian pula sebuah antivirus. Bahkan, sebagian feature terbaik dan terbaru Windows 7 masih harus “dibantu” agar bekerja maksimal. Contohnya, feature Jumplist yang berfungsi membantu pengguna bekerja dengan cepat. Namun, tanpa tools tambahan, Anda tidak dapat membuat jumplist kreasi sendiri.

Anda masih belum menggunakan Windows 7? Tidak masalah. Anda tetap dapat me­manfaatkan paket software CHIP ini. Sebagian besar software-software yang kami sajikan di sini kompatibel de­ngan Windows Vista, beberapa bahkan dapat digunakan di Windows XP.

Pilihlah software favorit Anda dari limapuluh (50) aplikasi “bumbu penyedap” yang kami bagi ke dalam kategori sistem, multimedia, komunikasi, Office, dan keamanan.

7-1

Lebih banyak freeware
Software: All in One Runtimes

Bila gemar men-download software-software gratis dari Internet, Anda tentu tahu masalahnya, sebagian besar program gratis ini me­nuntut sebuah lingkungan khusus (runtime environment). Yang tersering adalah .NET Framework dari Microsoft atau Java Runtime Environment dari Sun Microsystem. Selain itu, ada Microsoft Silverlight, Adobe Air, Adobe Shockwave, dan banyak lagi.

7-2

Software All in One Runtimes (ada dalam CHIP DVD atau download dari www.sereby.org) akan memeriksa runtime environment mana yang ada pada PC dan melengkapi dengan yang belum tersedia.

Ekstrak software ini dengan 7Zip (CD/DVD). Setelah diekstrak, bukalah folder “AiO-Runtimes-x86-v1.4.2\svcpack” dan klik ganda pada file EXE yang ada di da­lamnya. Identifikasi dan instalasi semua runtime environment yang belum ada akan berjalan secara otomatis.

7-3

Melengkapi Software All in One Runtimes jalan secara otomatis meng-install runtime environment yang belum tersedia.

7-4

Download file dari RapidShare
Software: jDownloader

Setelah semua runtime environment ter-install, Anda akan mulai jatuh cinta de­ngan software Java – yang tak tergantung platform OS. Sebuah contoh yang bagus adalah jDownloader, yang bisa digunakan untuk men-download file seperti RapidShare yang berbayar.

Ekstrak file ZIP software ini dari CD/DVD dan jalankan file “jdupdate.jar”. Pertama-tama, software akan melakukan update terlebih dulu. Selanjutnya, instalasi akan jalan secara otomatis. Karena kami menggunakan Firefox sebagai browser standar pada komputer tes, jDownloader akan ter-install sebagai sebuah add-on Firefox.

Setelah instalasi selesai, pilih file host Anda, misalnya RapidShare dari menu “Premium”. Bila Anda telah memasukkan data account, download file yang di­inginkan, atau pindah ke tab “Setting”. Di sana Anda dapat meng­aktifkan atau menonaktifkan pengenalan foto otomatis menggunakan “JAntiCaptcha”.

Tuning XP, Vista dan Windows 7
Sofware: SystemUp Tuning 2009, EnhanceMySe7en

Saat sebuah Windows baru dipasarkan, produsen software tuning selalu meng­ikuti. Tidak heran, karena ritual, seperti membersihkan hard disk, registry, dan autorun masih perlu Anda lakukan di Windows 7. Software EnhanceMySe7en melakukan tugas ini dalam Windows 7. Untuk Windows versi sebelumnya, gu­nakanlah SystemUp Tuning 2009.

7-5

Pengelompokan Dengan JumplistLauncher, Anda dapat mengelompokkan aplikasi, sehingga navigasi menjadi lebih cepat.

WINDOWS 7: Install dan jalankan software EnhanceMySe7en. Melalui “Tools | Process”. Carilah program-program tidak perlu yang ikut dijalankan saat booting, seperti Apple iTunes Help. Bila Anda menemukan penghambat boot semacam itu, klik kanan item tersebut dan pilih “Kill Process”. Seperti pada setiap tuning Windows, di sini pun Anda perlu berhati-hati. Lakukan penonaktifan sebuah proses hanya bila Anda tahu persis fungsinya.

Modul “Registry Cleaner” dan “Disk Cleaner” membebaskan Windows 7 dari sampah data dan entri-entri tak bertuan yang terdapat di registry. Key “Startup Items” menunjukkan program-program mana yang jalan bersama Windows.

Bila Anda hanya ingin mengakses tools-tools bawaan Windows dengan cepat, pilih “System | System Tools”. De­ngan sebuah klik, Anda dapat menjalankan program tersembunyi, seperti tools diag­nosis untuk DirectX (dxdiag.exe). Tools-tools Windows untuk keamanan, jari­ngan, dan feature hard disk Anda dapat ditemukan dalam tab “File, Network, Security Tools”.

XP DAN VISTA: Install dan jalankan software SystemUp Tuning 2009 dari CHIP CD/DVD. Bila Anda tidak ingin repot membuat konfigurasi sendiri, pilihlah “Tuning Profile”. Anda akan digiring ke website produsen dan dari sana Anda dapat men-download konfigurasi tuning pengguna lain. Perhatikan di sini, pilihlah versi Windows yang tepat. Pada saat tes, kami hanya menemukan profil untuk Vista mulai SP1.

Bagi yang ingin membuat konfigurasi tuning secara mandiri, tersedia option-option standar, seperti registry cleanup, hard disk defrag – serta berbagai pilihan untuk mempercantik desktop.

Melepas belenggu  Proses autorun yang tidak perlu seperti iTunes   Help dapat Anda nonaktifkan dengan cepat dan mudah melalui   EnhanceMySe7en.

Melepas belenggu Proses autorun yang tidak perlu seperti iTunes Help dapat Anda nonaktifkan dengan cepat dan mudah melalui EnhanceMySe7en.

Jumplist buatan sendiri
Software: Jumplist Launcher

Pada Windows versi lama, dengan menggunakan “Start | Documents”, Anda dapat menampilkan dokumen yang terakhir dibuka dan otomatis menjalankan aplikasi tersebut. Feature Jumplist yang baru dalam Windows 7 berfungsi serupa, tetapi menawarkan fungsi menjalankan pe­rintah (command) atau pengelompokan beberapa folder dan program. Namun dengan mengandalkan tools bawaan Windows, implementasinya sangat rumit. Dengan software Jumplist Launcher, pe­ngelompokan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.

Ekstrak file “JumplistLauncher5″ dari CHIP CD/DVD ke desktop dan jalankan file EXE tersebut. Software ini tidak perlu di-install. Untuk membuat sebuah kelompok program, masukkan nama, misalnya “Graphic Program” ke dalam kolom input dan klik “Add Group”.

Setelah mendefinisikan kelompok, tandai salah satunya. Tariklah shortcut aplikasi ke dalam group, misalnya icon iTunes ke dalam “Music Program”. Dengan cara ini, Anda melakukan pengelompokan. Selanjutnya, klik “Update Jumplist”. Dalam taskbar kini tampak icon baru untuk Jumplist Launcher. Klik kanan icon tersebut dan pilih “Pin this program to taskbar”. De­ngan demikian, Jumplist selalu tersedia dan Anda dapat menutup Launcher.

Mengonversi Dengan PDFCreator Anda dapat mengubah dokumen biasa   atau sebuah website menjadi file-file PDF.

Mengonversi Dengan PDFCreator Anda dapat mengubah dokumen biasa atau sebuah website menjadi file-file PDF.

Mengakses file-file PDF
Software: Foxit Reader, PDFCreator

Tanpa program tambahan, Windows 7 tak dapat berbuat apapun dengan PDF. Pada CHIP CD/DVD, Anda akan menemukan aplikasi yang memungkinkan Anda membaca dan membuat file PDF. Untuk dapat membaca dokumen PDF, Anda dapat meng-install Adobe Reader 9 atau Foxit Reader yang lebih ringan.

Untuk membuat PDF, dibutuhkan PDF Creator. Pilih “Standard Installation” dan bila perlu, install sebagai browser addon. De­ngan begitu, Anda dapat mengonversi sebuah website ke PDF. Software ini akan membuat sebuah printer baru dan penerjemah Postscript GPL Ghostscript.

Jalankan Creator dengan klik ganda. Melalui “Document | Add”, pilih dokumen yang akan dikonversi. Dalam window berikutnya, tentukan pembuat dan tanggal pembuatan, klik “Save”. Masukkan folder tujuan. Durasi konversi tergantung pada dokumen sumber.

Tuning Windows Firewall
Software: Windows 7 Firewall Control

Feature firewall yang ada di Windows hanya memberikan konfigurasi minimal. Untuk mendayagunakan feature tersebut, Anda menggunakan versi gratis dari software Windows 7 Firewall Control.

Setelah di-install dan dijalankan, software ini mulai memeriksa lalu-lintas data yang masuk dan keluar komputer Anda.

Bila Anda membuka browser, sebuah window akan terbuka menanyakan apakah Anda ingin memblokir (Disable All) atau mengizinkan (Enable All). Anda juga dapat mengizinkan hanya pengiriman (Outgoing Only) atau penerimaan (Incoming Only).

Software ini dapat dikonfigurasi lebih baik dengan cara klik kanan pada icon tool dalam taskbar dan pilih “Setting”. Di bawah tab “Programs” tercantum semua program yang dapat dikendalikan firewall.

Untuk keamanan lebih, gunakan tools seperti, Dr. WebCureIT, Spyware Terminator, dan – bila tools enkripsi belum tersedia – TrueCrypt.

Keamanan Dengan Windows 7 Firewall Control, Anda dapat mengizinkan   atau melarang aplikasi mengirim atau menerima data dari Internet.

Keamanan Dengan Windows 7 Firewall Control, Anda dapat mengizinkan atau melarang aplikasi mengirim atau menerima data dari Internet.

INFO
Tools Box dari Microsoft

Sebanyak tiga belas program dari para pe­ngembang Microsoft akan membuat sistem operasi Windows benar-benar prima. Program-program ini dapat Anda download dari website Microsoft.

  • Windows Live Essentials menawarkan semua tools yang disingkirkan Microsoft dari Windows 7, antara lain messenger, e-mail client, dan Movie Maker
  • Windows Easy Transfer untuk XP, mem-backup semua setting Windows dan mentransfernya ke PC lain
  • Windows Vista Upgrade Advisor menguji hardware komputer Anda, apakah dapat migrasi ke Vista
  • Sysinternals Suite berisi semua tools administrasi penting, di antaranya Process Explorer
  • Office Compatibility Pack membuka file Office 2007 dalam Office yang lebih lama
  • Calendar Print Assistant 2007 mengedit dan mencetak kalender dalam Outlook 2007 dengan nyaman
  • PowerPoint Viewer 2007 menampilkan presentasi PowerPoint tanpa perlu install PowerPoint atau program Office
  • Word Viewer menampilkan dokumen Word tanpa program pengolah teks
  • Excel Viewer menampilkan tabel Excel tanpa program kalkulasi tabel
  • ActiveSync menyinkronisasi data komputer dengan perangkat bergerak, seperti smartphone
  • Diskpart alternatif berbasis command line untuk mengelola media data Windows
  • Add-in for Office 2007 memungkinkan ekspor dokumen ke PDF dan XPS
  • Update for Outlook 2003 mencantumkan hari-hari libur tahun 2007 s.d. 2012 ke dalam kalender Outlook 2003


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Populer