Kelahiran Tianhe-1 Buatan Cina, Superkomputer Tercepat di Dunia Mengalahkan Dominasi Super Komputer AS


Komputer Cina Tianhe-1 diyakini telah memecahkan rekor komputasi / dailymail.co.uk
TEKNOLOGI informasi Cina bakal menyalip Amerika Serikat sebagai negara ekonomi superpower dunia.

Saat ini Cina mengklaim berhasil mengalahkan AS untuk superkomputer tercepat – dengan membangun sebuah mesin yang memiliki kecepatan 40 kali lebih cepat dari yang lain.

Superkomputer buatan Cina yang diberi nama Tianhe-1A memecahkan rekor kecepatan dengan dua ribu triliun kalkulasi per detik.

Seperti dilansir dari Daily Mail, komputer super cepat itu senilai 50 juta euro dan dikerjakan oleh 200 teknisi, dengan menghabiskan waktu dua tahun untuk dibuat, dan ditempatkan dalam 103 lemari pendingin.

Komputer itu memiliki kecepatan 2.507 petaflop – 1.4 kali lebih kuat dari super komputer yang ada saat ini, yaitu The Cray XT5 Jaguar yang ada di departemen energi AS, yang didaulat sebagai pemegang mahkota kepemimpinan tahun lalu.

Professor Jack Dongarra, yang menggabungkan peringkat dari 500 komputer tercepat di dunia, mengatakan komputer China itu telah menyingkirkan mesin nomor 1 yang ada saat ini.

“Ini tentu saja mengubah peta persaingan,” ujar Mark Seager, kepala pegawai teknologi untuk komputasi di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore AS.

Tianhe-1A, yang namanya berarti Bimasakti dalam bahasa mandarin, memiliki 14.000 kali kekuatan pemrosesan dibandingkan komputer biasa.

Komputer itu juga memuat 7.000 prosesor grafis – jenisnya dari yang biasa untuk video games – guna meningkatkan performa.

Kecepatan luar biasa The Tianhe-1A juga ditambah keunggulan yaitu lebih ramah lingkungan ketimbang super komputer saingannya. Selisih perbedaan dalam konsumsi energi cukup untuk menghasilkan listrik ke lebih dari 5.000 rumah selama setahun.

Superkomputer tercepat di dunia (sementara)

Nama Puncak kecepatan komputasi (pflops) Processor Rancangan, Negara
Tianhe-12.507NVidiaNational Centre for Supercomputing, Cina
Jaguar1.75Cray Xt5 Cray Xt5Oak Ridge National Laboratory, Amerika Serikat
Roadrunner2.507BladecenterLos Alamos National Laboratory, Amerika Serikat
Kraken831.70Cray XT5National Institute for Computational Sciences, Amerika Serikat
Jugene825.50Blue Gene Blue GeneJ├╝lich Research Centre, Jerman
Pleiades772.70SGI Altix ICE SGI Altix ICENasa Ames Research Centre, Amerika Serikat
Blue Gene478.20eServer Blue GeneLaurence Livermore Lab, Amerika Serikat
Intrepid458.61Blue GeneArgonne National Laboratory, Amerika Serikat
Red Sky433.50Sun ConstellationSandia National Laboratories, Amerika Serikat

Komputer itu dirancang oleh Universitas Nasional China jurusan teknologi pertahanan. Mesin tersebut ada di wilayah utara pelabuhan kota Tianjin.



Komputer itu dirancang oleh Universitas Nasional China jurusan teknologi pertahanan. Mesin tersebut ada di wilayah utara pelabuhan kota Tianjin.

Kegunaan superkomputer itu untuk memproses pola cuaca bagi kepentingan badan metereologi dan untuk meningkatkan hasil dari industri minyak.

Para ahli mengatakan ciptaan China itu adalah alarm untuk negara barat tentang China yang siap mengambil alih kepemimpinan dalam investasi teknologi.

Super komputer memungkinkan penelitian yang tidak bisa dilakukan karena kalkulasi yang kompleks. Mesin itu juga digunakan dalam sistem modeling cuaca, simulasi ledakan nuklir dan merancang pesawat udara.

Perusahaan minyak dan gas menggunakan teknologi superkomputer untuk menemukan tambang minyak dan pebisnis Wall Street mengandalkannya untuk mengotomatisasi perdagangan.

Satu-satunya hiburan bagi AS adalah chip pemroses yang digunakan Tianhe-1A masih buatan negara “Paman Sam”. [*] (yul/dpt)

DAILY NEWS

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Populer