Ilmuwan Temukan Teknik Mengetik dengan Pikiran

detikinet

ilustrasi (inet)
Jakarta - Berkat terobosan yang ditemukan oleh ahli saraf di Florida, mengetik konon tidak perlu menggunakan tangan lagi. Cukup memakai pikiran saja.

Ya, dengan hanya memikirkan nomor atau huruf saja, seseorang bisa mengetik layaknya orang normal. Ahli-ahli saraf dari Mayo Clinic di Jacksonville menemukan teknik luar biasa yang diyakini bisa membantu jutaan orang di masa depan ini.

Mereka meneliti 2 pasien yang di dalam tengkoraknya, tepatnya di permukaan otak, telah ditanamkan elektroda. Elektroda ini kemudian akan memonitor aktivitas elektrikal yang dihasilkan oleh sel-sel saraf.

Sinyal ini diproduksi ketika pasien melihat gambar yang ditampilkan pada bidang 6 x 6 di komputer dengan masing-masing huruf di setiap kotak. Setiap saat kotak yang berisi huruf tertentu muncul dan pasien berfokus padanya, maka elektroda tadi akan mengirimkan respon dari otak menuju komputer yang akan merekam datanya.

Nah, setelah sistem ini disesuaikan dengan gelombang otak pasien, maka saat pasien fokus pada huruf tertentu, huruf tersebut akan nongol di monitor. Teknik ini dikenal dengan nama electrocorticography (EcoG).

Para ahli optimis, akan banyak orang yang meraup manfaat dari teknik mereka. "Lebih dari 2 juta orang di Amerika Serikat bisa mendapatkan manfaat dari alat bantu semacam ini," ujar Jerry Shih, M.D., pimpinan studi ini, seperti dikutip detikINET dari Telegraph, Senin (7/12/2009).

Saat ini, Shih mengakui, temuan tersebut belum bisa digunakan secara praktis. Namun Shih yakin di kemudian hari alat yang dibutuhkan untuk melakukan hal itu akan makin kecil dan mudah digunakan.

( sha / wsh )

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Populer